Kaum Padri dalam Pembaharuan Islam dan Muhammmadiyah di Minangkabau

Authors

  • Syadah Khusniawati Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Wahid Fathoni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Safril Muhammad Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Muhammad Iqbal Ma’ruf Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.18196/jasika.v1i1.3

Keywords:

gerakan tajdid, pembaharuan Islam, purifikasi

Abstract

Pergerakan pembaharuan Islam pada era modern diilhami oleh gerakan Muwahidin di tanah arab oleh Muhammad bin Abdu Wahab. Pergerakan pembaharuan itu meluas ke penjuru dunia, tidak terecuali Indonesia. Tulisan ini bertujuan memberi gambaran pergerakan kaum Padri dengan tokoh sentral Tuanku Imam Bonjol dalam melakukan pembaruahn Islam dan tumbuh kembangnya organisasi Muhammadiyah di Minangkabau. Studi literatur dengan menggabungkan berbagai referensi merupakan metode dalam penulisan ini. Gerakan Pembaharuan Islam Padri di Minangkabau menjadi cerminan dan pokok temuan adanya pembaharuan Islam di Indonesia. Dari uraian sejarah dan asal-mula terbentuknya gerakan Padri, ditemukan bahwa gerakan Padri di Minangkabau – Indonesia ada keterkaitan erat atau pengaruh dari gerakan pembaharuan Islam di dunia Arab. Gerakan-gerakan ini senada dengan arah pergerakan Organisasi Muhammadiyah dengan sebutan Gerakan Tajdid.

References

Asroruddin, and M Amin. “Gerakan Paderi Dan Munculnya Modernisasi Pemikiran Islam Di Indoneisa.” El_Huda 11, no. 2 (2020).

“Budaya Minangkabau,” n.d. http://id.wikipedia/budaya_Minangkabau.

Dewi, Rusmala. “Isu-Isu Pembaharuan Islam Di Beberapa Negara Perspektif Sejarah.” NURANI 16, no. 1 (2016): 19–332.

Farida, Meutia. “Perkembangan Pemikiran Tasawuf Dan Implementasinya Di Era Modern.” Substantia 12, no. 1 (2011): 105–14. http://www.substantiajurnal.org/index.php/subs/article/view/61.

Firdaus, Sukma Umbara Tirta. “Pembaharuan Pendidikan Isam Ala Harun Nasution (Sebuah Refleksi Akan Kerinduan ‘Keemasan Islam’).” EL-FURQANIA 5, no. 2 (2017): 166–84.

Hamka. Adat Minangkabau Menghadapi Revolusi. Djakarta: Firma Teka, 1963.

Hamka. Ajahku; Riwayat Hidup Dr. H. Abd. Karim Amrullah Dan Perdjuangan Kaum Agama Di Sumatera. Djakarta: Djajamurti, 1967.

Hamka. Islam Dan Adat Minangkabau. Selangor Darul Ehsan: Pustaka Dini, 2006.

Hati, Putri Citra. “Dakwah Pada Masyarakat Minangkabau (Studi Kasus Pada Kaum Padri).” Islamic Comunication Journal 3, no. 1 (2018).

Koentjaraningrat. Manusia Dan Kebudayaan Di Indonesia. Jakarta: Djambatan, 2002.

Laponangi, Benny. “Mengenal Tuanku Imam Bonjol Pahlawan Nasional Indonesia,” 2017. https://www.portalsultra.com/mengenal-tuanku-imam-bonjol-pahlawan-nasional-indonesia.

Masdison, S. Metron. Tokoh-Tokoh Gerakan Padri. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2018.

Nashir, Haedar. “Purifikasi Islam Dalam Gerakan Padri Di Minangkabau.” UNISIA XXXI, no. 69 (2008): 219–30.

Raharjo, Sudi, and Burhanuddin Daja. “Pengaruh Pemikiran Muhammad Bin Abdul Wahab Terhadap Konsep Tauhid Muhammadiyah (Studi Kasus Konsep Dakwah Tauhid Muhammadiyah Pada Masa Pra Kemerdekaan Indonesia).” Universitas Gadjah Mada, 2013.

Young, Ken. Islamic Peasants and State, the 1908 Anti-Tax Rebellion In West Sumatra. Connecticut: Yale University Southeast Asia Studies, 1994.

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

Khusniawati, S., Fathoni, W., Muhammad, S., & Ma’ruf, M. I. (2021). Kaum Padri dalam Pembaharuan Islam dan Muhammmadiyah di Minangkabau. Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 1(1), 29–38. https://doi.org/10.18196/jasika.v1i1.3

Issue

Section

Articles