Strategi Komunikasi Dakwah Ustadz Salim A. Fillah

Authors

  • Khairul Amal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.18196/jasika.v1i2.9

Keywords:

dakwah, ustadz, komunikasi

Abstract

ABSTRAK

Da’i merupakan elemen utama dalam pelaksanaan proses komunikasi dakwah. Oleh karena itu, keberhasilan sebuah komunikasi dakwah tergantung pada da’inya. Dalam berdakwah, seorang da’i tentu akan menghadapi banyak tantangan. Di setiap zaman, tantangan yang dihadapi juga berbeda-beda. Misalnya, di era Revolusi Industri 4.0 ini, seorang da’i dituntut untuk melek terhadap perkembangan teknologi, serta kecepatan dan kemudahan dalam mengakses informasi yang disampaikan oleh da’i. Dalam hal ini, tidak semua da’i mampu berdakwah dengan mengikuti perkembangan zaman saat ini yaitu seperti memanfaatkan ragam media seuutuhnya. Ustadz Salim A. Fillah dalam penyampaian pesan dakwahnya, banyak mengikuti tren-tren yang Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mengamati lebih dalam tentang strategi komunikasi dalam penyampaian pesan dakwah yang dilakukan oleh Ustadz Salim A. Fillah.

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan karakteristik dan strategi komunikasi dakwah yang di lakukan oleh Ustadz Salim A. Fillah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan Teknik pengumpulan data dari analisis data deskriptif melalui dokumentasi. Dalam penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa, dalam proses penyampaian komunikasi dakwahnya, Ustadz Salim A. Fillah membangun kredibilitas, daya tarik dan kekuatan. Penyampaian pesan yang mengandung hikmah, membangkitkan semangat juang, dibalut dengan diksi-diksi sastra dan juga diksi yang bersifat humoris. Memanfaatkan fungsi media dengan baik. Memahami dan menyesuaikan obyek dakwah.

References

Badruttamam. Nurul. 2005. Dakwah Kolaboratif Tarmizi Taher. Jakarta: Penerbit Grafindo Khazanah Ilmu.

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Cangara, Hafied. 2019. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Effendy, Onong Uchjana. 2017. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Hamidi. 2010. Teori Komunikasi dan Strategi Dakwah. Malang: UMM Press.

Jauch, Lawrence R. dan William F. Glueck. 1999. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Lexy J. Maleong, 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2004. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nurudin. 2016. Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Najamuddin, 2008. Metode Dakwah Menurut al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Insan

Madani.

Suryadi, Edi. 2018. Strategi Komunikasi: Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Amal, K. (2021). Strategi Komunikasi Dakwah Ustadz Salim A. Fillah. Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 1(2). https://doi.org/10.18196/jasika.v1i2.9

Issue

Section

Articles